Durian Trawas / Kedai durian Aba Ali / Durian lokal Trawas "Durian Kunir" - AkhFaizal -->

Durian Trawas / Kedai durian Aba Ali / Durian lokal Trawas "Durian Kunir"

Jumat, 01 Mei 2015

Durian Trawas / Kedai durian Aba Ali / Durian lokal Trawas "Durian Kunir"

Di Trawas sendiri, bila Anda tahu. Beberapa tahun ini mulai terkenal dengan tempat pusat buah durian. Sekali lagi, tahukah Anda? Tidak semua buah durian Trawas berasal dari Panen durian asli petani durian trawas. Untuk membedakannya maka akan Saya review hal menarik ini tentang durian asli Trawas sesuai sumber petani dan pedagang durian Trawas.

Durian yang berasal dari Trawas oleh petani di Tanam di “Tegal” (Dalam bahasa lokal Trawas, yang artinya ladang/kebun). Bila dihubungkan dengan varietas bibitnya rata-rata durian Trawas berasal dari varietas durian asli Jawa. Durian asli Trawas bernama Durian Kunir Ciri – ciri fisiknya baunya harum menyengat, dagingnya tebal, rasanya legi (manis) agak pahit, bentuknya bulat kecil, warna kulit durinya hijau kekuningan. Harga yang umum berkisar dari 25 – 50 ribu per buah. Disepanjang jalan masuk Trawas dari arah Mojosari (Mojokerto) maupun Pandaan (Pasuruan) Anda akan memnjumpai banyak penjual durian di tepi jalan.

Durian Trawas / Kedai durian Aba Ali / Durian lokal Trawas "Durian Kunir"

Siapa yang tak kenal durian, asal muasal namanya tidak jauh dari kulit di durinya, begitu orang Indonesia menyebutnya, Kalau raja hutan adalah Singa, maka durian mempunyai julukan sebagai Si Raja Buah. Ada yang sangat suka buahnya ada pula yang muak dengan baunya. Durian sendiri termasuk jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Kalau dari buku Sains yang pernah Say baca, durian merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Durio. Menurut sumber informasi dari masyarakat yang menanam durian di Trawas, Tanaman durian cocok pada suhu rata-rata 20°C-30°C. Pada suhu 15°C durian dapat tumbuh tetapi pertumbuhan tidak begitu optimal. Bila suhu 35°C juga tidak cocok terlalu panas untuk durian. Untuk ketinggian dari dasar laut, Ketinggian tempat untuk bertanam durian tidak boleh lebih dari 800 m. Tetapi ada pula jenis tanaman durian tertentu yang cocok ditanam diberbagai ketinggian. Durian lebih cocok tumbuhpada jenis tanah grumosol & ondosol. Tanah ini mempunyai ciri-ciri warna hitam keabu-abuan kelam, struktur tanah lapisan atas bebutir-butir, sedangkan bagian bawah bergumpal, & kemampuan mengikat air tinggi.

Durian Kunir Durian asli lokal Trawas

Ada satu tempat warung durian Trawas yang sederhana namun dari warung itu Anda bisa mendapatkan durian asli Trawas langsung dari bakul durian berpengalaman. Mengapa Saya bisa berkata begitu, karena tempat kedai durian Aba Ali  mengkulak durian langsung dari petani durian yang ada di Trawas. Lokasi tempat tersebut berada di Jalan Raya menuju Jolotundo kilometer 2, 10 meter utara Masjid Tamiajeng. Di situ Anda akan menemukan apa yang Saya review di atas, yaitu produk buah durian Asli dari petani Trawas Durian Kunir dengan harga yang bersahabat dan cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Suatu hal yang belum lengkap berkunjung ke Trawas tanpa membawa oleh – oleh durian asli Trawas.

Sedikit tips yang Saya peroleh dari wawancara pemilik kedai durian Aba Ali dalam cara memilih durian yang masak. Hal yang paling mudah adalah dari wanginya, durian yang sudah masak aroma wanginya tercium sangat kuat meski kulit duriannya belum kita buka. Saat Anda pegang duriannya, tinggal Anda cium aromanya. Selanjutnya dari bunyinya. Bila bunyinya saat duriannya dipukul/ diketuk terdengar kencang bukan “Dhem” maka duriannya belum matang. Warna durian juga tidak menunjukkan tingkat kematangannya. Durian yang agak kuning, agak hijau, belum tentu belum matang. Jadi jangan jadikan warna kulit sebagai patokan.

Betapa lengkap travelling Anda ke Trawas dengan menikmati durian asli kota Trawas. Semoga Anda senang berkunjung ke kota dingin nan asri Trawas. Terima Kasih.
bm

Life for long Learning and earning

Tidak ada komentar: