Jalur Trawas Jawa Timur dari rute Mojosari - AkhFaizal -->

Jalur Trawas Jawa Timur dari rute Mojosari

Kamis, 18 September 2014

Trawas merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Mojokerto, Propinsi Jawa Timur.  Trawas termasuk dalam peta wilayah Kawasan wisata Mojokerto. Pariwisata Trawas Mojokerto mulai menunjukkan kemajuan dari tahun ke tahun yang ditandai dengan banyaknya pengunjung yang mengadakan karya wisata di Trawas Mojokerto Jawa Timur.
Wisata yang ditawarkan meliputi wisata alam dan wisata sejarah. Wisata alam yang ada di Trawas antara lain Air Terjun Dlundung, Pendakian gunung di Puncak Penanggungan, dan kegiatan outbond yang disediakan oleh provider outbond yang ada di Trawas. Sedangkan wisata sejarah meliputi Candi Petirtaan Jolotundo, Wisata situs Purbakala Reco lanang, serta situs – situs purbakala yang ada pada lereng Gunung Penanggungan.

Dari deskripsi singkat saya di atas, saya ingin berbagi hal sederhana yang sering dipertanyakan orang. Hal sederhana itu adalah bagaimana menempuh jalur ke Trawas Mojokerto Jawa Timur?

Peta Trawas

Jalur ke Trawas bisa ditempuh dari berbagai arah, pada kesempatan kali ini saya akan mendeskripsikan jalur ke Trawas dari arah Mojosari. Menempuh jalur ke Trawas  dari arah Mojosari tidaklah sulit meskipun jalannya banyak yang naik dan berkelok – kelok. Perjalanan dengan motor, mobil pribadi, ataupun Bus besar sudah bisa dilakukan karena akses jalan raya sudah lebar untuk kendaraan – kendaraan besar. Jalur ke Trawas dari arah Mojosari menjadi jalur favorit bagi pengunjung dari Surabaya dan Sidoarjo karena kemudahan akses jalannya. Jarak Trawas ke Mojosari sekitar 20 km.  Sepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan dua Gunung yang kokoh berdiri (Gunung Penanggungan di sebelah kanan, Gunung Welirang di Selatan, jalan lurus yang Anda tuju ke Trawas) dan indahnya pepohonan dan persawahan terasering di kiri kanan jalan dari Mojosari ke Trawas. Untuk perjalanan malam hari pun penerangan lampu di sepanjang jalan menuju masuk Trawas sudah cukup baik. Kalau beberapa tahun lalu sepi. Kini banyak warung - warung kopi di tepi titik - titik jalan yang dulu gelap.

Jalur ke Trawas dari arah Mojosari, Mojokerto, Krian, Sidoarjo.

Berikut urutan jalur dalam bentuk map manual ke Trawas dari Mojosari :

a. Jalur dari arah Krian, Sidoarjo.

Map Trawas

Jika Anda sudah sampai di Pertigaan Kelenteng Mojosari seperti pada gambar, Anda lurus saja. Jika Belok kanan menuju jalur ke Mojokerto.

b. Jika Anda dari arah Mojokerto.

Bila anda sudah sampai di pertigaan Kelenteng Mojosari, Anda belok kanan dan lurus saja. Jika anda belok kiri menuju Krian Sidoarjo.

c. Sekitar 1 sampai 2 km Anda akan sampai di perempatan Awang – Awang lampu merah pertama dari pertigaan Kelenteng Mojosari.

Anda belok kanan untuk jalur ke Trawas, jika lurus Anda menuju Pacet.

D. Sekitar 200 meter dari perempatan Awang – Awang lampu merah pertama tadi, anda akan sampai di perempatan Lebak Sono, SMKN Pungging.

Di sini, Anda belok kanan lalu lurus saja untuk jalur ke Trawas, jika pada perempatan ini  anda lurus maka menuju Ngoro dan bila belok ke kanan anda menuju Mojosari kembali.

e. Sekitar 20 km dari perempatan Lebaksono, SMKN Pungging anda akan tiba di Pertigaan Bumi Perkemahan  Daerah Wisata Trawas.

Anda ambil arah lurus dan Anda sudah sampai di Trawas, Jika anda belok ke kanan maka akan menuju Pacet. Dan di sekitar pertigaan ini banyak warung dan kedai Anda bisa tinggal jeda sejenak untuk bertanya alamat tujuan yang Anda cari di Trawas.

Semoga peta manual yang berisi gambar – gambar foto lokasi jalan raya menuju Trawas ini bisa membantu perjalanan Anda menempuh Jalur ke Trawas Mojokerto.

Update Rute Jalan ke Trawas 2017

Setelah mengalami renovasi pelebaran di 2016. Jalan Raya Mojosari ke Trawas kini kondisinya semakin bertambah sangat baik setelah mengalami pembaruan aspal dan jalan cor. Di mana lebar bahu jalan bertambah ke sebelah kanan dan kiri. Rute jalan raya Mojosari ke Trawas cocok untuk rombongan kendaraan besar juga. Seperti ketika berkunjung wisata ke Trawas menggunakan bus besar.

Untuk jalan cor terbentang di wilayah kecamatan Pungging dalam rute Mojosari ke Trawas.

Untuk perjalanan malam hari juga tak seperti dulu kondisi penerangannya. Sekarang sudah banyak lampu jalan terpasang setiap sekitar 25m kurang lebih di kiri dan kanan jalan raya Trawas Mojosari.

Rute Trawas

bm

Life for long Learning and earning