Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Trawas Mojokerto - AkhFaizal -->

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Trawas Mojokerto

Minggu, 17 Mei 2015

Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng Trawas Mojokerto tepatnya dapat ditempuh dari Desa Tamiajeng. Bila Anda dari rute arah Mojosari Mojokerto menuju Trawas, bila Anda sudah sampai di Trawas, Anda bisa mencari Jalan Raya Jolotundo Trawas yang merupakan akses ke jalan masuk pendakian Gunung Penanggungan. Mudahnya sebagai patokan adalah Lapangan Sepak bola Trawas. Setelah Anda menemukan Lapangan Sepak Bola Trawas. Setelah itu sekitar beberapa meter Anda akan menemukan Pertigaan tepat di Balai Desa Trawas. Silakan Anda belok kanan. Maka Anda telah menuju dan masuk Jalan Raya Jolotundo.

Bila Anda dari timur Arah Pandaan Prigen Pasuruan, ada dua alternatif ke Jalan Raya Jolotundo. Pertama, setelah Anda sampai Trawas tepatnya pertigaan Trawas pertama dari arah Pandaan. Anda bisa belok kanan melewati Jalan Airlangga kemudian sampai di Perempatan Pasar Trawas Anda bisa belok kiri lalu di perempatan ke dua Anda belok kanan maka Anda sudah memasuki Jalan Raya Jolotundo. Kedua, Di pertigaan pertama setelah Kecamatan Trawas silakan Anda lurus kemudian sekitar 100 meter Anda akan menemukan pertigaan yang berhadapan dengan gerbang Villa Puncak Trawas, silakan Anda ambil kanan. Anda memasuki Jalan Raya Joloyundo.

Saat Anda masuk dan melewati Jalan Raya Jolotundo, sekitar satu kilo meter dari pertigaan setelah lapangan Trawas/Pertigaan yang berhadapan pintu masukVilla Puncak Trawas Silakan Andalurus saja tanpa mengambil belokan Lagi. Maka nanti Anda akan sampai di parkiran / tempat parkir sepeda motor untuk pendaki Gunung. Anda bisa menitipkan motor Anda di parkiran setempat dengan biaya sekitar Rp7000,00 sampai dengan Rp10.000,00 per hari (24 jam). Kemudian parkir untuk roda empat sekitar Rp25.000,00 sampai Rp50.000,00 per hari (24 jam). Setelah Anda memarkir sepeda, Anda bisa memulai pendakian dengan rombongan Anda. Beberapa meter dari tempat parkir sepeda di jalan pendakian gunung Anda akan menemukan Pos Jaga PERHUTANI. Di sini Anda harus melapor tentang biodata Anda dan rombongan Anda yang akan melakukan kegiatan pendakian dan membayar bea masuk sekitar Rp7000,00 per orang.
Setelah dari pos PERHUTANI Anda bisa memulai pendakian Anda. Dari Pos Perhutani Anda akan melewati jalan yang masih cukup lebar. Baru setelah beberapa ratus meter Anda  akan masuk hutan dan  melewati semak belukar hutan dengan jalan setapak sampai nanti Anda akan menemui pohon Minyak Kayu Putih. Tempat ini biasanya digunakan para pendaki untuk beristirahat sejanak karena lokasinya cukup luas serta biasanya digunakan untuk mendata atau mengabsen rombongan. Setelah dari titik Miyak Kayu Putih Anda akan menemui kembali jalan setapak berbatu kemudian jalan setapak yang merupakan bekas jalan air. Lalu Anda menjumpai Puncak Bayangan yang biasanya juga dibuat pendaki untuk beristirahat kembali. Banyak beberapa pendaki yang mendirikan kamping di sini karena lukasinya yang cukup lebar. Puncak Bayangan pada umumnya bagi para pendaki adalah pusar dari Gunung Penanggungan. Setelah itu Pendaki memulai lagi perjalanan menuju puncak Gunung Penanggungan dengan jalan yang cukup menanjak dan berbatu. Setelah itu Anda menemukan sebuah Gua Batu, orang lokal Trawas menyebutnya "Gua Seriti". Medan selanjutnya akan lebih terjal dan miring dari sebelumya. Karakter jalannya ditumbui safana sepanjang jalannya sampai akhirnya Anda Akan sampai di Puncak Gunung Penanggungan.

Di Puncak Gunung Penanggungan Anda akan menemukan kawah Lubang yang cukup luas yang diperkirakan bekas letusan Gunung Penanggungan. Kawah ini umumnya digunakan para pendaki sebagai tempat Menginap dan mendirikan tenda. Di kala malam hari Anda bisa melihat Panorama lampu - lampu kota yang terlihat kecil bebrbaris yang menabjubkan. Dan Anda bisa menatap kokohnya Gunung Welirang yang berhadapan langsung dengan Gunung Penanggungan.
Rata - Rata Pendaki membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 4 jam dari titik p[enitipan sepeda sampai ke Puncak Gunung Penanggungan.

Bekal yang perlu Anda persiapkan sebelum mendaki gunung tentuntanya kondisi fisik yang Fit dan  bugar, Air mineral, makanan, senter, korek api, sepatu, tenda, ransel, pakaian, alas untuk tempat tidur, P3K, perlengkapan masak bila Anda ingin memasak di sana, perlengkapan mandi, Kamera, Alat komunikasi, kompas, KTP dan alat - alat lain yang sekiranya perlu Anda bawa.
bm

Life for long Learning and earning