Emping Jagung produksi UKM Trawas Jawa Timur - AkhFaizal -->

Emping Jagung produksi UKM Trawas Jawa Timur

Minggu, 17 Mei 2015

Emping Jagung produksi UKM Trawas Jawa Timur

UKM Trawas

Camilan Trawas yang khas salah satu di antaranya yaitu Emping Jagung, Opak, aneka keripik seperti keripik telo, keripik tempe, keripik pisang dan lain - lain. camilan - camilan tersebut menunjukkan kekhasan Trawas Mojokerto selain pada Wisata alam, wisata purbakala, Durian asli Trawas, perhotelan/ penginapan dan lain - lain. Suatu kesenangan bisa membawa pulang oleh - oleh khas dari Trawas selain pengalaman yang seru juga tiada salahnya Anda mencicipi dan menjadikan camilan khas Trawas sebagai buah tangan untuk sanak keluarga dan teman - teman Anda di rumah.

Dari semakin ramainya wisata di Trawas dan Semakin sulitnya lapangan kerja membuat beberapa orang berinisiatif membuka lapangan kerja sendiri. Salah satunya beberapa contoh UKM Trawas. Mereka saling mendukung dan menggugah untuk mendirikan UKM sebagai partisipasi mereka dalam meramaikan pariwisata di Trawas. Sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi pelaku UKM di Trawas yang berdampak kepada terserapnya tenaga kerja. Dari keadaan ini mereka tergerak membuat produk sendiri dan memutuskan terjun di dunia UKM. Salah satunya penggiat UKM pembuat camilan Emping Jagung. Selain di Trawas terkenal dengan Jagung Bakar yang bisa Anda temui di tempat - tempat wisata Trawas dan sepanjang Jalan menuju wisata Trawas, beberapa penggiat UKM Trawas juga memproduksi camilan khas trawas yang disebut Emping jagung. Khusus Emping jagung, merupakan camilan sejenis keripik yang terbuat dari bahan baku Jagung.

Tahukah Anda ? pada jaman dulu di pedesaan jagung merupakan makanan pokok sebagian besar orang karena mahalnya beras di jaman dulu sehingga jagung sebagai pengganti nasi. Lambat laun dari hasil ide kreatif orang jaman dulu Jagung diolah menjadi aneka pangan semisal Nasi Empok, "marning" (Sejenis Brondong), olahan keripik, olahan kudapan dan lain. Bahan baku pembuatan Emping Jagung yaitu Jagung yang digiling dengan bantuan mesin penggilingan sampai halus hingga menjadi serbuk Jagung. Untuk proses selanjutnya serbuk Jagung dikukus hingga setengah matang. Hasil kukusan serbuk Jagung tadi kemudian didiamkan selama sekitar 5 sampai dengan 7 menit. Tujuannya agar serbuk Jagung suhuya turun sehingga nantinya mudah dibentuk.

Setelah itu tahapan selanjutnya proses pencetakan. Dalam proses pencetakan Camilan Emping Jagung dibutuhkan sebuah loyang untuk mencetak serbuk jagung tadi agar mudah dipotong kecil -kecil atau sesuai keinginan Anda. Baru Tahap penjemuran. Pada tahap penjemuran, cetakan Emping Jagung di jemur di terik matahari membutuhkan waktu kira - kira selama 1 sampai dua hari agar Emping Jagung benar - banar kering. Karena bila kurang kering maka berpengaruh pada hasil penggorengan Emping Jagung nantinya. Setelah Emping Jagung benar - benar kering maka akan menuju proses penggorengan.

Dalam proses penggorengan ada dua proses. Salah satunya menyiapkan dua tempat penggorengan. Di mana kompor pertama dengan minyak agak panas untuk pengembangan keripik sedangkan kompor ke dua dengan minyak dalam keadaan panas agar hasil kerenyaan camilan Emping Jagung maksimal. Kandungan dari Camilan Emping jagung yang utama adalah rendah gula dan kaya karbohidrat. Camilan ini cocok sebagai teman di kala santai.UKM yang memproduksi Camilan Emping Jagung menurut pengalaman Saya bisa ditemukan Di Trawas pada Jalan Raya Jolotundo No. 45 searah Jalur Pendakian Gunung Penanggungan. Atau di warung - warung makanan dan warung - warung kopi di Trawas. Harganya amat sangat terjangkau, untuk 1 bungkus kecil sekitar Rp500,00 dan untuk kemasan Jumbo (1/4 kilo gram) sekitar Rp15.000,00 sampai Rp20.000,00. Ada dua rasa yang terkenal dari Camilan Emping Jagung Trawas yaitu rasa Manis Pedas dan Rasa super Pedas.

Semoga kunjungan Anda ke Trawas menyenangkan!
bm

Life for long Learning and earning

Tidak ada komentar: