Gunung Welirang Trawas Mojokerto Jawa Timur - AkhFaizal -->

Gunung Welirang Trawas Mojokerto Jawa Timur

Kamis, 07 Mei 2015

Gunung Welirang Trawas Mojokerto Jawa Timur

Gunung welirang Jawa Timur

Gunung Welirang merupakan Gunung dengan ketinggian sekitar 3.156 m dari permukaan laut. Gunung Welirang berada di Kabupaten Mojokerto , Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Malang. Welirang (Serapan Basa Jawa) sendiri mempunyai arti Belerang. Karna Gunung welirang sendiri kawahnya sampai saat ini masih menghasilkan belerang. Gunung Welirang berada berjajar dengan Gunung arjuna. Kondisi hutannya di sekitar bukit, lereng gunung maupun lembah tergolong masih alami. Gunung Welirang berstatus masih aktif hingga Mei 2015 ini.

Gunung Welirang merupakan salah satu dari dua gunung yang mengapit wilayah kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Gunung satunya adalah Gunung Penanggungan di sebelah utara Trawas, sedangkan Welirah berada di sebelah selatan Trawas. Dua Gunung ini meyajikan akses destinasi wisata untuk wilayah yang diapitnya yaitu Trawas. Kalau Gunung Penanggungan menyuguhkan Wisata yang bernuansa purbakala, serta salah satu destinasi favorit pendakian gunung para pendaki gunung di Jawa Timur khususnya. Sedangkan Gunung Welirang menyuguhkan Wisata Alam Air Terjun Dlundung di lereng bukitnya. Tepatnya di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas.

Dari rumah Saya, di Dusun Trawas, Desa Trawas, Kecamatan Trawas Gunung Welirang terlihat Nampak Jelas Sekali. Begitu kokoh dan sangat alami serta Indah panoramanya. Konon al kisah legenda cerita rakyat yang pernah diceritakan nenek Saya ke Saya pada jaman dulu dan masih dipercaya beberapa orang hingga kini, barang siapa yang mendaki gunung welirang dan melangkahi Akar Nimang (Berjalan secara sengaja atau tidak sengaja langkah kakinya melompati) maka orang tersebut akan tersesat dan susah pulang. Meskipun itu sebuah mitos, namun sampai saat ini masih dipercaya masyarakat sekitar terutamanya agar kita dalam mendaki gunung tidak berbuat menjarah hutan, mengambil barang di hutan yang bukan hak kita, dan congkak tidak permisi kepada makhluk halus di daerah tersebut. Dari mitos itu pula secara tidak langsung membawa pengaruh positif pada kealamian hutan Welirang di trawas. Sehingga hutan welirang tidak Gundul, dan masih banyak pepohonan dan semak belukar tumbuh secara alami. Kita harus tetap yakin akan kebesaran Yang Kuasa, Jadi segala mitos tersebut kita kembalikan padaNya. Asal niat kita baik Niscaya kita selalu dalam Naungannya. Tahukah Anda, belerang ini bisa diolah dan diproduksi untuk bahan pembuat korek api, kosmetik, saleb kulit, untuk membuat ban kendaraan, dan lainnya. Untuk tambang belerang sendiri di Gunung Welirang Dominan berada di daerah Tretes Kabupaten Pasuruan. Di sana ada banyak orang meyebutnya sebagai petani belerang. Mereka mendaki dan menambang belerang lalu di bawah turun untuk dijual.

Untuk pecinta dunia pemotretan alam, Gunung Welirang sangat eksotik bila di lihat dari Jalan Masuk menuju Pendakian Gunung Penanggungan. Di situ Anda akan mendapatkan spot pemotretan yang memungkinkan Anda menangkap Gambar sebagian besar wilayah pemukiman Trawas dan bentangan persawahan yang bersusun berpetak rapi menonjolkan lukisan alam yang nyata sebagai maha karya dari Sang pencipta.

Jadi bila Anda berwisata ke Trawas, maka Anda akan menikmati kemegahan 2 Gunung ini, Welirang dan penanggungan. Salah satu hal yang paling disukai dari para pelancong yang datang ke Trawas adalah saat mereka berenang di salah satu kolam renang yang disediakan oleh penginapan, cottage, dan hotel – hotel tempat para pelancong berlibur. Mereka bisa metap langsung 2 gunung ini sambil berenang dan bersantai, menikmati suasana yang tentunya berbeda dari tempat lainnya.
bm

Life for long Learning and earning

Tidak ada komentar: