Kuliner Trawas Jajanan "Opak Jalepak" - AkhFaizal -->

Kuliner Trawas Jajanan "Opak Jalepak"

Kamis, 07 Mei 2015

Kuliner Trawas Jajanan "Opak Jalepak"

Tak banyak orang tahu kuliner jajanan Trawas selain dari olahan durian, keripik manis, olahan jamur yang sudah umum dan mulai naik daun di Trawas. Ada satu kuliner jajanan asli khas trawas yang sudah lama sekali ada yang perlahan mulai terlupa yaitu “Opak jalepak”. Orang meyebutnya sebagai Opak. Opak Jalepak merupakan jajanan seperti atau sejenis keripik atau kerupuk. Opak Jalepak terbuat dari singkong yang ditumbuk kemudian dibumbui dan dijemur sampai kering. Baru setelah itu mengalami proses penggorengan untuk siap dijual dalam kemasan ke pasar – pasar Tradisional dan ke warung – warung.



Jajanan Kuliner khas Trawas "Opak Jalepak"


Latar belakang adanya jajanan Opak Jalepak adalah kebiasaan orang dulu yang makanan pokoknya adalah "Kaspe" (dalam Bahasa Jawa) Singkong dalam Bahasa Indonesia. Karena keadaan di mana beras adalah hal kebutuhan yang mahal kala itu. dari situlah muncul kreatifitas orang dulu dengan berinivasi membuat singkong bukan hanya sebagai olahan yang direbus semata, malainkan bisa diolah menjadi keripik yang enak dan sedap. Dulu orang mengolah singkong menjadi beberapa jajanan seperti "Tewol" (Olahan Singkong yang diparut rasanya manis), "Tape" (Olahan Singkong yang direbus sejenis fermentasi), " Jemblem" (Olahan Singkong yang direbus lalu dilumat dibentuk bulat-bulat dan digoreng), selanjutnya munculah olahan tipis sejenis kerupuk yaitu Opak Jalepak. Satu hal yang unik saat kita menikmati jajanan keripik Opak Jalepak. Kita tidak akan mudah puas hanya menikmati satu keping OpakJalepak saja. Kita akan terus dan terus ingin memakannya sampai tidak terasa habis beberapa keping. Memang tidak sepenuhnya, kebanyakan dari orang yang pernah menikmati Opak jalepak akan berkata seperti begitu berdasarkan pengalaman Saya. Seperti ada rasa " Ketagihan " tapi positif kan bukan jajanan olahan keripik tersebut bukan dari bahan yang terlarang.

Dulu semasa Saya kecil, saat saya berkunjung ke rumah nenek Saya di Trawas, banyak orang pembuat jajanan kuliner Opak Jalepak sebagai usaha sampingan. Namun seiring waktu pembuat jajanan kuliner ini makin berkurang. Harga Opak Jalepak pun amat terjangkau, seribu satu bungkus berisi sekitar 5 sampai dengan 10 keping keripik Opak Jalepak. Jajanan ini jarang Saya temui ketika Saya pergi ke luar kota Trawas. Entah memang jajanan ini perputaran penjualannya hanya berkutan di Trawas saja. Kalau di daerah lain mungkin yang serupa dengan Opak Jalepak adalah “keripik Samiler”. Namun pada segi bentuk dan rasa jelas berbeda jauh antara jajanan kuliner Opak Jalepak dengan Keripik Samiler. Opak Jalepak mempunyai bentuk bulat, kalau Keripik Samiler lebih berbentuk bulat tidak rata kadang ada agak oval. Untuk segi rasa Opak Jalepak lebih Terasa renyah dan rasa bawang putihnya kental. Kalau Keripik Samiler cenderung kandungan minyaknya dalam keripik lebih pekat dari pada Opak Jalepak.

Kalau jaman dulu, Opak jalepak dijual dengan warna – warna menarik, sebagai daya tarik semisal warna - warna agak kemerahan. Seiring jaman makin dikitnya pembuat Opak jalepak maka pada umumnya sekarang Opak jalepak berwarna Cerah agak putih. Sesuai dengan warna asli dari bahan bakunya yaitu Singkong.

Jajanan keripik Opak Jalepak ini cocok sebagai cemilan kala kita bersantai atau sebagai pengganti kerupuk untuk menemani makan kita. Bila Anda berkunjung ke Trawas tak ada salahnya Anda mencoba jajanan kuliner khas Trawas ini. Anda bisa memperolehnya langsung dari pembuat Opak jalepak. Kebanyakan pembuat Opak jalepak ada di Dusun Trawas, kemudian di Pasar Tradisional trawas yang berada di JL. Airlangga tepatnya Desa Kesiman. Pasar Tradisional Trawas umumnya tutup jam 09.00 WIB. Jadi saat Anda berwisata ke Trawas dan menginap di Trawas tiada salahnya saat pagi sambil jalan - jalan menikmati Indahnya kota Trawas dan Kesegaran Udaranya Anda mampir ke Pasar Tradisional Trawas untuk mencicipi jajanan kuliner Khas Trawas " Opak jalepak ".

Bila Anda beli langsung di pembuat Opak Jalepak di Dusun Trawas, Anda bisa mendapat harga yang bersahabat. Untuk 1 Kilogram keripik Opak Jalepak mentah berkisar antara Rp.14.000,- sampai dengan Rp.20.000,-. Opak Jalepak bisa ANda gunakan sebagai buah tangan untuk orang - orang terkasih Anda, tentunya selain yang sudah populer di Trawas seperti Durian Trawas Asli dan olahan durian dan lain - lain.

Dusun Trawas sendiri mudahnya dalam mencari lokasinya yaitu setelah lapangan Trawas, belok kanan ada jalan masuk Villa Puncak Trawas. Anda masuk ke situ, kemudian sebelum Pos Satpam Puncak Trawas Anda ambil belok kiri. Maka Anda sudah sampai di Dusun Trawas. Anda bisa bertanya kepada orang di situ di mana tempat pembuat makanan olahan dari singkong yaitu jajanan kuliner keripik Opak Jalepak.  

x

bm

Life for long Learning and earning

Tidak ada komentar: