Keindahan Persawahan Sengkedan Trawas Jawa Timur - AkhFaizal -->

Keindahan Persawahan Sengkedan Trawas Jawa Timur

Kamis, 14 Mei 2015

Keindahan Persawahan Sengkedan Trawas Jawa Timur

Keindahan Trawas


Persawahan menuju Desa Kedungudi Jalan Raya Jolotundo

Sawah Sengkedan atau Sawah Terasering merupakan Sistem pengolahan sawah yang pengolahan bidang tanahnya dibuat dengan kondisi berpetak - petak. Sawah Sengkedan biasanya sengaja dibuat pada lahan yang miring. Hal ini bertujuan agar tanah tidak mengalami erosi (Pengikisan tanah oleh air) serta terbentuk suatu lahan - lahan yang datar dengan luas tertentu pada bidang lahan yang mempunyai sudut kemiringan tertentu. Sehingga memudahkan pengolahan sawah bagi para petani di dataran tinggi.

Kita bisa menjumpai Sawah Sengkedan atau Terasering umumnya pada dataran tinggi. Di Trawas Mojokerto Anda akan menjumpai keindahan alam berupa Sawah Sengkedan di banyak titik. Bentang alam pemukiman warga Trawas yang berada di lereng gunung Welirang dan Penanggungan Memang dominan lahan persawahannya berbentuk Sawah Sengkedan / Terasering. Dari kondisi Geografis Trawas ini kita akan memperoleh suatu panorama alam yang nyata dan mengesankan dari lukisan alam Sawah Sengkedan tersebut.

Bagi Anda yang mempunyai hobi photography atau melukis maka sangat menyenangkan bisa menemukan satu destinasi yang mendukung hobi dan pekerjaan Anda di bidang yang Anda sukai ini dengan memotret atau melukis persawahan Sengkedan Terasering.

Trawas merupakan salah satu Kawasan Wisata di Kabupaten Mojokerto. Tak ayal alamnya tetap terjaga sampai sekarang. Dengan minimnya potensi polusi membuat  keadaan udara menjadi segar dan nyaman. Meskipun cuaca sedang panas tetap saja udara terasa sejuk dengan semilir angin yang berhembus.

Belum lagi lembah - lembah dan rawa - rawa yang berdempetan dengan persawahan sengkedan. Menciptakan suatu Adrenalin bagi yang suka wisata jelajah desa. Tentunya hal ini baik dilakukan dengan wadah organisasi semisal Pramuka atau Tim Penyedia Outbond. Sehingga keamanan Anda dalam berjelajah lebih terjamin karena wadah - wadah organisasi tersebut mengetahui dan memahami medan yang akan Anda jelajahi.

Beberapa spot Sawah sengkedan di Trawas yang menurut Saya patut untuk Anda lihat adalah

1. Di Desa Jati Jejer Trawas, Jalan raya Mojosari Trawas Kilometer 1 kurang lebih 12 Kilometer
Saat Anda memasuki gerbang selamat datang di Trawas yang berada di Desa JAti Jejer, maka beberapa kilo meter dari situ Anda akan menemukan Persawahan Sengkedan yang sangat Indah. Baik di sebelah Kiri atau kanan Jalan Raya.

2. Di Desa Penanggungan, Jalan Raya Jolotundo menuju jalur alternatif ke Kecamatan Ngoro
Spot persawahan Terasering di sini lebih landai dari spot 1 di Desa jati Jejer namun pesona alamnya tak bisa diragukan.

3. Di Desa Kesiman, Jalan Airlangga yang merupakan jalan alternatif ke Pandaan (Pasuruan).
Saat suatu ketika Anda melewati jalan alternatif Trawas ke Pandaan melalui jalur Jalan Airlangga Trawas pada beberapa titik Anda akan melihat deret persawahan sengkedan. Bentangan persawahannya sangat luas dan Landai.

Dari ke tiga spot persawahan tadi Anda juga bisa menatap kemegahan dan kekokohan 2 gunung yang berada di Trawas. Yaitu Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang.

Itulah beberapa titik Persawahan sengkedan yang Indah di Trawas Mojokerto Jawa Timur. Beberapa Persawahan tadi ada di sekitar kri kanan jalan raya utama yang juga sekaligus sebagai jalur alternatif di Trawas. Anda bisa berpetualang ke Trawas bila ingin mengetahui Persawahan Sengkedan yang ada di dusun -dusun atau desa -desa yang ada di Trawas. Pasti Keeksotisannya berbeda - beda. Semoga Anda yang tinggal di kota - kota besar yang tak mungkin menjumpai model persawahan Sengkedan Anda bisa menjelajahi keindahannya di Trawas. Semoga perjalanan Anda lancar.

bm

Life for long Learning and earning

Tidak ada komentar: