Nasi Empok di Pasar Desa Trawas Jawa Timur - AkhFaizal -->

Nasi Empok di Pasar Desa Trawas Jawa Timur

Kamis, 14 Mei 2015

Nasi Empok di Pasar Desa Trawas Jawa Timur

Makanan Trawas yang merupakan salah satu khasanah makanan kuliner jaman dulu yang masih bisa dijumpai di Trawas sampai saat ini adalah Nasi Empok. Saya biasa membeli Nasi Empok di Pasar Tradisional kesiman Trawas. Harga makanan Nasi Empok sangat terjangkau, sekitar Rp5000,00 per bungkus. Anda bisa menemukannya di kedai – kedai / warung - warung Trawas sebelah dalam Pasar Kesiman Trawas saat Anda berkunjung ke Trawas. Pedagang Nasi Empok mulai membuka kedainya sekitar jam 03.00 WIB sampai dengan sekitar jam 07.30 WIB. Selain di Pasar Kesiman Trawas, Anda bisa mendapatkan dan menikmati Nasi Empok di kawasan Terminal Ketapanrame Trawas. Di situ ada beberapa warung yang menjual kuliner Sego Empok atau di Jalan Arca yaitu jalan masuk menuju Wisata Purbakala Reco Lanang, di situ juga ada warung penjual Nasi Empok.

Nasi Empok di Pasar Desa Trawas

Hidangan Nasi Empok terdiri dari beberapa ragam lauk, sayur, dan nasi. Untuk nasinya yaitu dari beras jagung dicampur sedikit nasi putih. Sayurnya dominan sayur lodeh dan “Krawu/Krawon” (Lalapan beberapa jenis sayur hijau dan toge), sementara lauknya yang populer adalah ikan teri asin atau ikan teri benggol. Di tambah tahu dan tempe dengan sedikit kuah lodeh, Satu lagi lauk yang khas yang ada di Nasi Empok yaitu “Menjeng” (Olahan kedelai yang di bumbui dan di goreng). Tidak lupa sambal cabe yang pedas sebagai pelengkap hidangan kuliner ini.

Di Pasar Kesiman Trawas sendiri dari pengalaman saya sering berkunjung ke pasar tersebut ada sekitar 4 kedai penjual Nasi Sego Empok. Di sekitar gerbang pintu masuk Pasar Kesiman Trawas ada 1 kedai kemudian di sebelah dalam pasar ada 3 kedai. Di samping kiri kanannya juga banyak penjual jajanan kuliner seperti Gorengan, Minuman Dawet, Keripik Rempeyek, dan jajanan lain – lain yang mengguganh selera makan kita. Namun yang perlu diingat jam bukanya hanya pagi hari bukan di malam hari. Saat anda berolah pagi di jalanan Trawas tidak ada salahnya Anda bisa mampir ke Pasar Trawas. Kelanjutan 3 kedai penjual Nasi Empog tadi, untuk yang sebelah dalam ini letak kedai penjual Nasi Empoknya saling berdekatan. Jadi Anda bila Anda mau? Anda bisa membeli satu bungkus di setiap kedai untuk mendapatkan pengalaman baru cipta rasa Sego Empok yang ada di Pasar Trawas.
Kandungan Gizi dari Sego Empok ini tidak usah Anda ragukan, karena tentunya pasti menyehatkan karena Nasi Jagung selain mengandung Karbohidrat, kandungan Glukosanya juga lebih rendah dari nasi putih. Cocok bagi Anda yang menghindari gula berlebihan. Sayur hijau mengandung beberapa vitamin, Tempe dan tahu mengandung protein nabati,sedangkan ikan asin mengandung yodium dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Dan banyak lagi kandungan – kandungan gizi lainnya yang ada di sebungkus Nasi Empok. Untuk sambelnya secukupnya agar tidak terjadi masalah bagi perut Anda.

Hidangan Nasi Empok sudah agak susah dijumpai di pasar – pasar tradisional di daerah lain, Misal dari cerita teman Saya yang ada di Mojosari. Bila ia ingin menikmati Kuliner Nasi Empok dia akan berkunjung ke Trawas. Alasannya di daerah tempat tinggalnya saat ini sangat sulit mencari penjual Nasi Empog. Kemudian nilai plusnya bila dia menikmati Nasi Empok di Trawas adalah bisa menikmati hawa sejuk serta keindahan panorama alam yang ada di Trawas. Kalau menurut Saya Pribadi, Nasi Empok / Sego Empok merupakan salah satu ciri khas Trawas selain masih banyak hal – hal lainnya yang menarik untuk dinikmati para pecinta wisata ke Trawas.
bm

Life for long Learning and earning

Tidak ada komentar: