Reco Lanang Trawas Mojokerto - AkhFaizal -->

Reco Lanang Trawas Mojokerto

Senin, 04 Mei 2015

Reco Lanang Trawas Mojokerto

Reco Lanang Trawas / Proposal Study Tour


Situs Reco Lanang, terletak di Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Reco dalam bahasa jawa yang artinya Arca, Lanang artinya Laki-laki, reco lanang menurut Bapak Pengelola Situs Reco Lanang,  adalah gambaran dari perwujudan Dhani Budha yang berada dalam posisi yang disebut Buddha Aksobya. Arca ini diperkirakan dibuat sekitar abad ke-13 Masehi. Namun, sampai saat ini belum bisa dipastikan siapa pembuatnya dan untuk siapa arca ini dibuat.

Tidak jauh dan lokasi ditemukannya Reco Lanang ini, , terdapat Reco Wadhon dalam posisi tengkurap yang menggelinding akibat bencana longsor. Konon kata orang disekitar, Reco Wadhon adalah perwujudan dari seorang istri yang tidak patuh pada suaminya, sebagai seorang istri Reco Lanang, Reco Wadhon lupa kewajibannya dan hanya berdandan saja. Hingga suatu hari saat Reco Lanang pulang dari ladang tak ada makanan di meja yang bisa dimakan, kemarahan Reco Lanang pun memuncak hingga ditendangnya istrinya dan dilemparlah semua graba dalam rumah.

Reco Wadhon ini merupakan arca Dwarapala (dari agama Hindu). Ada dugaan bahwa kawasan Desa Kemloko dan sekitarnya dimana situs Reeo Lanang berada merupakan bengkel pembuatan arca batu pada masa Majapahit. Anda Bisa menempuh akses ke Arca lanang dari Mojosari (Mojokerto) maupun Pandaan (Pasuruan). Jalan Arca Dusun Kemloko Desa Trawas yang merupakan jalan masuk ke situs purbakala Reco Lanang.               Kemajuan yang terjadi dalam berbagai bidang kehidupan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Di antara pengaruh yang ditimbulkan dalam bidang pendidikan itu di antaranya menyangkut pola dan perilaku antara pendidik dan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik lainnya baik dalam lingkungan sekolah maupun di dalam lingkungan masyarakat juga cara mengajar guru dan belajar peserta didik yang semakin hari perlu adanya inovasi dan kreasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mengingat situasi dan kondisi yang seperti tersebut perlu kiranya pada pendidik dan peserta didik diberikan pengenalan serta wawasan yang berbeda dari situasi yang diahadapi sehari-hari melalui kunjungan ke situs sejarah yang memiliki latar belakang serta kondisi yang berbeda dari apa yang mereka pelajari di sekolah. Mengingat situasi yang seperti itu, saya  sebagai Guru Mata Pelajaran IPS kelas V SD Muhammadiyah Kesiman Kec. Trawas Kab. Mojokerto bermaksud mengadakan Studi Wisata ke situs sejarah “Arca Lanang” yang berada di Dsn. Kemloko Ds. Trawas Kec. Trawas Kab. Mojokerto.

            Demikian proposal ini dibuat untuk menjadi bahan pertimbangan dan dasar dalam pelaksanaan kegiatan Studi Wisata ini. Keberhasilan kegiatan ini adalah tidak terlepas dari peran segenap pihak yang turut membantu dalam menyukseskan kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini mendapat rahmat dari Allah swt. Amin. Kegiatan Studi Wisata tidak harus diadakan di tempat yang jauh dan memerlukan biaya yang besar, tetapi dapat dilakukan di lingkungan sekitar yang lebih dekat dan lebih mudah dijangkau oleh peserta didik. Studi Wisata sejarah dapat memupuk rasa cinta tanah air dan saling memiliki terhadap peninggalan sejarah bangsa.

Dari hasil kunjungan Studi Wisata ini siswa diharapkan dapat membuat laporan kunjungan Studi Wisatanya. Diharapkan pula siswa mampu mengolah hasil wawancaranya dari narasumber pengelola situs sejarah “Arca Lananng” menjadi laporan dalam bentuk bahasa tulis berupa karangan tentang sejarah “Arca Lanang” berdasarkan kunjungan yang telah dilakukan oleh siswa. Sekaligus siswa dapat membuat laporan dalam bentuk bahasa lisan berupa kecakapan siswa bercerita di depan kelas mengenai sejarah “Arca Lanang”  pada kelanjutan pembelajaran IPS dengan materi peninggalan-peninggalan pada masa kerajaan Budha. Penulis juga mengharap agar pengelola situs sejarah “Arca Lanang” berkenan memberikan ijin untuk rombongan dari SD Muhammadiyah Kesiman mengunjungi situs sejarah “Arca Lanang”. Semoga dapat tercipta kerjasama yang baik dari pengelola situs sejarah “Arca Lanang” dengan rombongan SD muhammadiyah Kesiman nantinya.


            




        
   
   





bm

Life for long Learning and earning

Tidak ada komentar: